Cara Membersihkan Virus Ala Kita

Bertarung dengan virus memang pekerjaan yang kadang-kadang menyenangkan dan menyebalkan. Menyenangkan karena kita bisa memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru tentang karakteristik atau perilaku virus tersebut sehingga kita bisa lebih hati-hati dan lebih peka terhadap file yang ternyata adalah virus. Menjadi menyebalkan bila kita menjadi korban virus tersebut. File-file yang kita kumpulkan dan data-data penting kita tiba-tiba lenyap begitu saja tak berbekas. Bahkan ketika direcovery tidak bisa kembali.Berikut ini akan saya tulis apa yang saya lakukan terhadap virus Fun Alien Yoi dan W32/Sality yang kemaren sempat mampir di komputer teman saya.

Software yang Saya Pakai

  1. Antivirus – Avira AntiVir Personal Free Antivirus yang sudah saya update virus definition file-nya. Sebelumnya saya menggunakan AVG Personal Edition, tapi karena lambat saya mencoba Antivirus lain dan melirik Avira. Kalau Anda lebih cocok dengan antivirus lain silakan saja, hanya saja apapun antivirusnya sebaiknya selalu update yang terbaru. Download Avira AntiVir Personal Free Antivirus.
  2. Process Explorer – untuk mengetahui aplikasi yang sedang berjalan sebagai pengganti Task Manager. Salah satu kelebihannya adalah tampil juga ikon yang aplikasi sedang berjalan dan diketahui parent/aplikasi yang memangggil aplikasi lain. Download Process Explorer.
  3. Winrar – Best Tool that I Must Have. Fungsinya tidak hanya sebagai file compressor, tetapi juga sebagai pengganti windows explorer bila explorer.exe sudah terkontaminasi virus dan juga winrar akan menampilkan semua file termasuk yang tersembunyi. Sebagai catatan, kebanyakan virus akan aktif ketika kita mengaktifkan windows explorer. Download Winrar.

Semua software tersebut saya masukkan ke file rar, untuk lebih menjaga dari serangan virus. Untuk melakukan tahapan pembersihan virus berikut ini, jangan sekali-kali menggunakan windows explorer. Saya jarang sekali menggunakan windows explorer ketika membersihkan virus.

Cara Aman

  • Buka MSConfig dengan mengetikkan Windows + R atau Windows + Run, kemudian ketik msconfig. Kemudian masuk starup. Ini hanya untuk mengetahui jenis virus apa yang ada di komputer korban.
  • Buka winrar, bila sudah terinstallasi bisa dengan mengetikkan Windows + R atau Windows + Run, kemudian ketik winrar.
  • Buka process explorer melalui winrar. (Ingat! jangan gunakan windows explorer)
  • Perhatikan file yang sedang berjalan, amati yang mencurigakan. Umumnya virus lokal menggunakan ikon folder untuk mengelabui pengguna awam. Matikan file tersebut dengan klik Kill Process Tree (Shift + Del)
  • Setelah dipastikan file tersebut mati, baru install antivirus Anda. Saya menyarankan Avira karena bila menggunakan winrar, file setup avira bisa diexplore. Pastikan installasi selesai.
  • Jalankan Antivirus. Kalau ada koneksi internet silakan langsung diupdate.
  • Lakukan Scan virus, bisa ditinggal nonton TV atau membuat kopi dulu. :-D
  • Setelah selesai, semoga virusnya sudah hilang.

Cara Agak Extreme

Bila cara pertama di atas tidak berhasil, bisa mencoba cara agak extreme. Lepaskan HardDisk “korban”, kemudian pasang di komputer yang bersih yang sudah terinstall antivirus yang sudah diupdate terakhir. Dengan cara ini Anda bisa melakukan backup data kalau seandainya komputer tidak bisa disembuhkan dan harus diformat ulang. Pastikan bahwa hardisk yang digunakan booting di setting BIOS adalah hardisk yang bersih. Jangan sampai salah, karena beresiko kedua hardisk tersebut menjadi terjangkiti virus. Cara biasa Kemudian bisa lakukan scan virus untuk hardisk korban. Saya jarang melakukan scan virus karena membutuhkan waktu lama. Biasanya saya hanya mencari file *.exe, *.scr, *.dll melalui search di windows explorer, dan otomatis antivirus akan mendeteksi kalau file tersebut terjangkiti virus atau tidak. Pastikan dalam pilihan pencarian More Advanced Option di windows explorer, Search Hidden Files and Folders tercentang.

Cara Extreme

Bila kedua cara di atas tidak berhasil atau karena file data yang kita backup juga ternyata berisi virus maka bisa menggunakan cara berikut ini. Cara ini sangat tidak disarankan dan memiliki resiko yang tinggi. Tapi jika pernah menggunakan cara ini paling tidak kita bisa memahami ilmu ikhlas. Caranya dengan melakukan FORMAT ULANG komputer Anda dan atau PARTISI ULANG komputer Anda. Software yang digunakan adalah CD Booting dan FDISK.exe atau bisa menggunakan Partition Magic. Dan komputer Anda kembali seperti semula, bersih tidak ada datanya dan Anda harus ikhlas. :-D

Resiko sepenuhnya ditanggung oleh Anda. Saya tidak bertanggung jawab bila ternyata virus di komputer Anda lebih sakti atau sudah  mengalami perkembangan sehingga cara diatas sudah tidak berhasil. Saya juga tidak bertanggung jawab terhadap segala kerusakan tambahan dan/atau kehilangan data akibat mengikuti cara saya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s